Pengertian Angin Muson


SPAngin Muson adalah gerakan massa udara terjadi karena perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan dan samudera. Proses terjadinya angin muson dipengaruhi oleh dua buah benua di belahan bumi utara dan selatan yang mengapit dua samudera, seperti Benua Asia (di utara) dan Benua Australia (di selatan) yang mengapit Samudera Hindia dan bagian barat daya Samudera Pasifik.
Daerah tropis, angin muson dipengaruhi oleh perbedaan sinar matahari. Pada bulan juli, matahari sedang berada di sekitar garis balik utara (23,5 LU) sehingga Benua Asia mendapat penyinaran maksimal. Oleh karena itu, suhu udara di Benua Asia sangat tinggi melebihi suhu udara di samudera. Akibatnya, daratan Asia menjadi pusat tekanan rendah sedangkan tekanan udara di kedua samudera relatif lebih tinggi.
Sebaliknya, di Benua Australia pada saat itu sedang musim dingin, sehingga menjadi daerah pusat tekanan tinggi melebihi tekanan udara di Samudera Hindia. Akibat keadaan tersebut, bergeraklah angin muson dari Benua Australia melalui Samudera Hindia dan dari Samudera Pasifik bagian barat daya ke arah Benua Asia. Angin tersebut dinamakan Angin Muson Timur. Angin muson timur akan menyebabkan terjadinya musim kemarau di wilayah Indonesia. karena pergerakan angin ini hanya melalui wilayah lautan yang sempit sehingga sangat sedikit uap air yang dibawa.
Pada bulan Desember, matahari sedang berada di garis balik selatan (23,5 LS). Keadaan menjadi sebaliknya, yaitu daratan Asia menjadi pusat tekanan tinggi, sedangkan Benua Australia menjadi pusat tekanan rendah. Maka bergeraklah angin muson dari wilayah daratan Asia menuju Benua Australia dan dari Samudera Pasifik bagian barat daya melalui Indonesia bagian tengah dan timur ke Benua Australia. Angin tersebut dinamakan Angin Muson Barat. Angin muson barat menyebabkan terjadinya hujan di wilayaah Indonesia. Karena dalam pergerakannya angin ini melalui wilayah samudera sehingga banyak membawa banyak uap air.

Sumber Pustaka: Totok Gunawan, dkk. 2007. Fakta dan Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus
0 Komentar untuk "Pengertian Angin Muson"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top